Software bajakan


Saya rasa mungkin topik ini sedikit basi, karena ya tau sendirilah. Di Indonesia itu udah biasa pake software bajakan, baik untuk kalangan pribadi maupun perusahaan. Bahkan karena saking terbiasanya, banyak pihak yang ga tau kalau software di komputernya itu bajakan. Mereka kira biaya yang di keluarkan sudah termasuk biaya software.

Sedikit dimaklumi memang masih banyak perusahaan yang menggunakan software bajakan, ini dikarenakan software bajakan jauh lebih gampang didapatkan. Dan ketika beli komputer, banyak juga yang langsung nawarin ke pelanggan nya untuk di instalkan software, tanpa mengkonfirmasi mau software bajakan atau original.

Coba deh kalau si teknisi service komputer tuh nanyain ke pelanggannya, mau software bajakan atau yang asli. Trus si teknisi tuh juga jelasin bedanya software bajakan dan original tuh apa saja.

Yakin deh, pihak perusahaan pasti mau kok bayar lebih untuk software tersebut. Kalau ga mau ya tawarin software yang free, gampang kan.

Ngomong-ngomong tadi saya sempat baca artikel di swa.co.id. Beberapa waktu yang lalu Polri dan BSA sempat mengadakan rahaia software ilegal ke berbagai perusahaan. Rahasia tersebut di lakukan di berbagai perusahaan di daerah jawa dan bali. Cukup senang juga membaca artikel tersebut, berarti pemerintah juga cukup peduli terhadap pembajakan software di Indonesia. Lebih jelas baca disini

Berikut sedikit kutipan dari artikel tersbut, yang cukup penting udah diketahui.

“Berdasarkan Undang-Undang Hak Cipta , pelanggar yang melakukan instalasi (pemasangan) software ilegal tanpa lisensi dari pemegang hak ciptanya ke dalam PC atau laptop telah melanggar Pasal 72 ayat 1 UU Hak Cipta No 19 Tahun 2002. Sanksinya adalah pidana penjara paling lama 7 tahun dan/atau denda paling banyak Rp 5 miliar.

Mereka yang terbukti memperbanyak penggunaan/menggunakan program komputer secara tanpa lisensi (bajakan) untuk kepentingan komersial, dalam pasal 72 ayat 3, bisa dikenakan pidana penjara paling lama 5 tahun dan/atau denda paling banyak Rp 500 juta. Ancaman hukuman pidana penjara paling lama 5 tahun dan/atau denda paling banyak Rp 5 miliar dalam  pasal 72 ayat dipasang bagi mereka yang mengedarkan atau menjual/memperdagangkan kepada umum barang/produk hasil pelanggaran hak cipta.”

2 pemikiran pada “Software bajakan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s