Tanadi Santoso – What Can We Learn From Silicon Valley


Tahu Silicon Valley kan? Sillicon Valley merupakan sebuah kawasan tempat berkumpulnya inovator-inovator di bidang teknologi. Silicon Valley berlokasi di selatan area Teluk San Fransisco, di California Utara, Amerika. Video di atas menceritakan bagaimana kawasan Silicon Valley tersebut dan apa yang bisa kita dipelajari dari Silicon Valley. Walaupun Silicon Valley tempat berkumpulnya inovator – inovator di bidang teknologi, suasana disana ternyata tidak semewah atau semegah yang saya pikirkan sebelumnya, malahan situasi lumayan sederhana. Yang terdiri dari bangunan- bangunan rendah 1-2 lantai, dan suasana nya pun bisa dikatakan sepi.

Kemudian apa sih yang bisa kita pelajari dari Silicon Valley, berdasarkan video TEDx di atas dapat disimpulkan, ada 4 pelajaran yang penting yaitu:

Culture of Innovation

Buatlah sebuah culture yang menunjang dalam pembuatan inovasi. Ada banyak cara, misalnya bergabung dengan perusahaan yang memiliki culture yang inovatif, atau bergabung dengan komunitas, organisasi kampus( kalau yang masih kuliah), atau bisa juga kita buat culture inovasi sendiri.

Collaborate

Ya, berkolaborasilah. Kita adalah manusia sosial, dan janganlah berpikir untuk menjadi orang yang memiliki atau menguasa segala bidang. Fokus pada satu bidang dan berkolaborasilah dengan pihak lain, dengan institusi , komuntas, organisasi, teman atau yang lainnya. Dengan berkolaborasi juga, kita akan lebih bisa fokus pada apa keahlian kita. Ohiya inget kalau ingin berkolaborasi, berpikirlah WIN WIN Solution, jangan pernah ingin untung nya sendiri saja. Walaupun kita mendapatkan untungnya sedikit, asal kerjasama bisa berjalan dengan lancar dan sustainable .

Believe

Percaya, dengan percaya kita akan akan memiliki energi yang lebih besar. Tujuan yang ingin dicapaipun akan menjadi lebih jelas..

Copy & Twice

Merasa ga kreatif, ga punya ide besar? No problem, kita bisa kok mencontek ide yang sudah ada. Analisis kemudian ambil baiknya, yang tidak cocok dengan kita, buang saja dulu. Dan teruslah belajar agar menjadi lebih sempurna.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s