Jalur Freelance Yang Bisa Dipilih


Kalau berbicara tentang dunia freelance bisa jadi kita sering kali hanya akan membahas secara global tanpa melihat secara dekat tentang pekerjaan yang dilakukan para freelancer itu sendiri.

Dunia freelance bisa mencakup banyak jenis pekerjaan, mulai dari desainer, desainer webweb programmer,programmer, penulis, dll. Bahkan di satu jenis pekerjaan bisa dipecah kembali menjadi bermacam-macam kategori, misalnya untuk jenis pekerjaan freelance penulis, ada penulis web, penulis blog, penulis naskah iklan, skenario, ghost writer dan mungkin kategori lain yang menjadi pecahan dari kategori-kategori yang sudah ada.

Bagi saya, menjadi seorang freelance itu berbarti memilih diantara dua pilihan, one stop solution atau isilah gaulnya palugada (apa loe mau gua ada) atau menyediakan jasa secara niche/ceruk atau yang saya sebut specialized.

Menjadi seorang freelancer palugada berarti menyediakan banyak jasa dan jenis keahlian, intinya pekerjaan apa pun yang diinginkan oleh klien,freelanceritu bisa menyediakan dan mengerjakan semuanya, misalnya untuk pengembangan situs, freelancer bisa mengerjakan mulai dari desain dan program web-nya, web copy sampai semua pekerjaan detail situs tersebut akan langsung dikerjakan oleh dia sendiri tidak memerlukan bantuan dari orang lain.

Sedangkan freelancer specialized hanya bekerja atau menyediakan jasaniche atau jasa tertentu saja, intinya freelancerjenis ini hanya memfokuskan pada satu keahlian dan fokus pada pengembangan keahlian tersebut. Misalnya seorang desainer logo yang tidak menerima pekerjaan lain selain seperti print ad atau pembuatan kartunama atau yang lainnya, hanya menerima jasa pembuatan desain logo saja.

Lalu dari dua jenis pekerjaan freelance ini mana yang lebih baik? Bagi saya tidak ada, keduanya sama baiknya, yang mesti diperhatikan adalah dari sisifreelancer itu sendiri.

Ketika pertama kali memutuskan menjadi freelancer, ada baiknya parafreelancer memutuskan secara seksama jalur mana yang akan mereka pilih, apakah akan memilih untuk menyediakan beberapa keahlian atau hanya akan fokus pada satu keahlian saja.

Jika freelancer telah memutuskan jalur mana yang akan dipilih, maka mereka bisa secara fokus mengembangkan berbagai ‘perlengkapan’ atau ‘persenjataan’ untuk jasa yang akan dikerjakan.

Setelah menentukan pilihan jalur mana yang akan ditekuni, yang selanjutnya harus dilakukan adalah fokus pada apa yang dikerjakan, baik itu menyediakan jasa secara lengkap atau niche, semuanya harus dilakukan secara fokus, namun untuk yang menyediakan jasa secara lengkap atau one stop solution memang usaha yang harus dilakukan bisa jadi lebih besar, karena cakupan pekerjaan juga tentunya lebih luas.

Nah, tulisan kali ini memang hanya akan membahas dua jalur yang bisa dipilih oleh para freelancer, mungkin dari Anda para pembaca RuangFreelance tidak termasuk keduanya atau malah termasuk keduanya, jangan bingung, karena freelance adalah tentang modifikasi dan personalisasi, jadi pilihan apapun bisa dilakukan dan disesuaikan dengan pilihan dan kebutuhan para freelancer itu sendiri.

Pada tulisan selanjutnya saya akan mencoba membahas beberapa keuntungan yang bisa didapat dengan menjadi freelancer untuk jalur niche. Sampai jumpa di tulisan selanjutnya, kolom komentar selalu terbuka bagi parafreelancer atau siapa pun untuk berdiskusi.

ditulis oleh wikupedia ruangfrelance

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s