Ayoo.. Kenalan Sama VIRUS!


A. Kriteria Virus

Yup, bukan hanya manusia saja yang punya kriteria, ada manusia tinggi, pinter tari, pinter basket, seni dan sebagainya, tapi Virus juga punya kriteria tersendiri. Berikut akan made paparkan kriteria suatu program yang disebut virus.

1. Memiliki kemampuan untuk memperbanyak diri

Tanpa diketahui, virus akan memperbanyak dirinya di file- file dalam computer. Ini menyebabkan kita sulit mengetahui bahwa sebenarnya virus sudah menyebar. Virus akan menular file yang belum tertular. Dia juga akan membuat sebuah file baru dengan nama file tadi, yang sebenarnya adalah virus itu sendiri.

2. Memiliki kemampuan untuk mengumpulkan informasi

Virus computer memiliki kemampuan mencari informasi di computer kamu. Dia mencari daftar nama- nama file yang bisa diinfeksi, mencariletak table partisi, file FAT 32. misalnya, virus akan mendata dulu file- file ke dalam komputermu yang berekstensi doc.

3. Memiliki kemampuan untuk menyembunyikan diri

Yup betu, virus juga punya kemampuan menyembuhkan diri. Kamu nggak bisa mengakses di komputermu, coba dulu deh, kamu tekan Ctrl + Alt + Del, untuk memunculkan Task manager yang berisi rincian proses yang sedang dijalankan di komputermu. Task manager adalah alat yang memperlihatkan kegiatan dalam ttubuhmu. Misalnya, jantung kamu lagi memompa darah, hati kamu menetralkan racun. Virus, juga seringkali membuat Task manager tidak bisa dibuka agar kamu tidak bisa memantau kegiatannya. Ukuran virus biasanya kecil. Ini bertujuan agar kamu tidak curiga dengan file meiliknya. Bisa dibilang ini adalah teknik penyamaran virus.

4. Memiliki kemampuan memeriksa keberadaannya sendiri

Virus memiliki kemampuan mengenali suatu file apakah sudah ada ID virus akan menginfeksi. Hal ini menghindari penyusupan ganda virus computer ke suatu file.

5. Kemampun untuk memanipulasi

Banyak virus melakukan hal berikut ini untuk menunjukan eksistensinya.

a. mengubah tampilan layer monitormu dengan gambar atau kadang pesan- pesan aneh yang nggak perlu. Biasanya, sih, pesan- pesan ini dari sang virusmaker-nya.

b. Merusak struktur disk dan menghapus file- file

c. Mengganti volume disket

d. Mengacaukan kerja alat- alat computer, baik itu input maupun output, seperti kerja printer, keyboard, dan berbagai peripheral lainnya.

B. Jenis- jenis Virus

Pada bagian sebelumnya made sudah jelaskan tentang kriteria suatu program yang disebut virus, jadi tidak salahnya sekarang made jelaskan/ paparkan jenis- jenis virus mulai yang paling sederhana samapai yang paling kompleks, ada beberapa virus yang paling sering menyerang computer.


1. Virus Makro

Jujur, setiap made denger kata ‘virus Makro’ pasti made terbayang sama guru made waktu SMA, habis nama nya hampir sama Cuma beda Pak sama Virus, J, garing garing, lanjut ke materi! Setahu made Virus Makro ini sering disebut dengan virus Ms. Word, tapi setelah made telusuri lebih lanjut, ternyata bukan. Virus ini dibuat dengan bahasa pemrograman aplikasi dan bukan bahasa pemrograman sistem operasi. Virus bisa menjangkiti komputermu apa pun sistem operasinya, selama kamu masih memakai aplikasi tertentu yang dasarnya bahasa pemrograman dipakai untuk membuat virus tersebut.


2. Virus Boot Sector

Hhhmm, virus yang memanfaatkan gerbang hubungan antara computer dan media penyimpan sebagai sarana untuk menularkan virus. Virus ini juga mengganti boot sector asli dengan miliknya sehingga ketika booting, dia akan tetap bias beroperasi di computer. Setiap kamu menyalakan computer, virus akan me-load beberapa proses yang ter-install di computer dan berdiam di tempat asli. Setiap kali computer dinyalakan secara otomatis (selain memanggil proses yang sebenarnya) ia juga memanggil virus.


3. Polymorphic Virus

Seperti namanya, virus ini memang memiliki banyak bentuk. Virus ingin mengelabui antivirus yang akan kamu pasang untuk mendeteksi keberadaanya dengan menjelma ke berbagai bentuk.

4. Virus File (Program)

Virus ini menginfeksi file atau program yang bisa dieksekusi langsung oleh sistem operasi. File atau program berekstensi *.exe atau *.com sangat rentan terinfeksi virus cirri- cirri file atau program yang telah terinfeksi adalah berubahnya ukuran file atau program tersebut. So, hati- hati teman jika ada file/ program yang ukuran filenya berubah- ubah, mungkin aja sudah terinfeksi virus,.


5. Virus Multipartisi

Virus ini adalah gabungan antara virus file dan boot sector. Virus ini memiliki kemampuan gabungan virus boot sector dan virus file atau program.

6. Virus  Script

Dulu waktu masih zaman jadul… heehhee.. virus ini sering dikenal dengan istilah Batch Virus, karena dibuat dari batch file. Virus ini biasanya kita dapatkan melalui internet. Biasanya dia menumpang pada file HTML (Hyper Text Markup Language) dan dibuat dengan berbagai bahasa pemrograman, baik itu javascipt, Visual Basic, maupun gabungannya.

Sementara ini segitu aja dulu informasinya, entar made upgrade lagi, sebenarnya masih banyak yang belum made paparkan, tapi berhubungan virus nya lagi mau shoping, jadi segini aja wawancaranya.. coming soon! J J

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s