Wow, Blu-Ray Disc 100GB dari Sharp


Yaap!Sharp baru-baru ini meluncurkan keping digital Blu-Ray disc dengan 3 layer yang mempunyai kapasitas penyimpanan 100 GB. Kapasitas ini setara dengan dua kali kapasitas penyimpanan dari format Blu-Ray disk yang ada sekarang. Blu-Ray disc jenis baru ini diberi nama VR-100BR1.

Menurut Sharp, Blu-Ray disc versi baru ini juga dapat menyimpan rekaman siaran TV digital selama 12 jam atau hampir setara dengan 9 jam siaran satelit digital. Namun pihak Sharp tidak menjelaskan berapa harga untuk Blu-Ray disc ini. Namun diperkirakan VR-100BR1 dengan format BDXL ini akan dibandrol antara 55 dollar sampai 60 dolar saat peluncurannya.

Blu-ray disc VR-100BR1 Sharp akan tersedia di Jepang mulai tanggal 30 Juli, namun belum ada pemberitaan lebih lanjut mengenai tanggal peluncuran di AS dan di negara-negara lainnya. Sharp berencana merilis produk ini bersamaan dengan peluncuran Aquos Blu-ray recorder terbarunya.

VR-100BR1 dibuat dengan spesifikasi sesuai format baru dari Blu-Ray disc yakni BDXL yang diperkenalkan oleh Asosiasi Blu-Ray disc pada bulan April lalu. Format BDXL ini sanggup melakukan format write dengan kapasitas maksimum hingga 12 GB untuk sekali jalan dan re-write berikutnya sampai total 100 GB.

Spesifikasi dari Blu-Ray jenis baru ini adalah adanya penambahan lapisan perekam. Semakin banyak lapisan maka semakin besar kapasitas penyimpananya. Pada lapisan Blu-Ray disc standar hanya terdapat 2 lapisan perekam dengan kapasitas penyimpanan data hingga 50 GB. Blu-Ray disc dengan format BDXL memungkinkan pelapisan perekam dari 3 sampai 4 lapisan.

Untuk menggunakan Blu-Ray disc baru ini, Anda mungkin harus memiliki perangkat keras edisi baru. Namun mungkin Sharp juga akan memperkenalkan sebuah perangkat keras yang juga kompatibel dengan Blu-Ray disc versi lama.

Sebenarnya keinginan untuk memproduksi keping digital dengan kapasitas 100 GB secara komersial sudah berlangsung cukup lama. Pada tahun 2002, peneliti di Taiwan National University mengumumkan bahwa mereka telah mengembangkan prototipe disk 100 GB yang kompatibel dengan CD kontemporer dan teknologi DVD. Dua tahun kemudian, Sony mengumumkan telah mengembangkan sebuah disc Blu-ray dengan delapan-layer yang mampu menyimpan data 200 GB. Pada saat itu Sony juga telah merencanakan untuk memperkenalkan secara komersial Blu-ray 100 GB dengan mepat layer tahun 2007, tapi itu tidak pernah terwujud.

Saat ini Sharp telah menjadi yang pertama untuk memulai bisnis secara komersial melalui sebuah Blu-Ray disc dengan kapasitas 100 GB. Ke depannya Sharp mungkin akan melakukan inovasi lagi dengan membuat Blu-Ray disc yang bisa melakukan format write sekali dengan kapasitas maksimum 128 GB pada keping Blu-ray yang sama untuk mempercepat pengisian konten. Kita nantikan saja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s